Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

ikan bau amisIkan adalah salah satu sumber makanan yang baik untuk perkembangan otak anak kita di usia Golden age 0-5 tahun. Ikan salmon adalah salah satu kegemaran orang tua dan anak-nak di Indonesia walau harganya juga selangit  namun tidak bagi  semua anak menyukainya. Rupanya ada penyebabnya yaitu  tidak tahan dengan bau amis ikan salmon. Ikan salmon juga bisa di olah menjadi aneka makanan yang lezat seperti nugget ikan salmon, perkedel ikan salmon dan bubur tim ikan salmon

Ikan Salmon
Ikan Salmon

Wah, ikan memang bisa menjadi menu favorit ya. Siapa saja pasti suka dengan masakan olahan ikan. Namun, ada satu hal yang membuat orang-orang malas dengan menu ikan. Yups, apalagi kalau bukan bau amisnya. Bagi banyak orang yang sehari-hari tidak di dapur termasuk kami, mungkin akan bingung bagaimana cara menghilangkan bau amis ikan agar anak suka memakannya. Setelah cari ini itu dan membaca disana sini, ternyata mudah untuk menghilangkan bau amis ikan salmon tersebut.

Manfaat Jeruk Nipis menghilangkan bau amis ikan
Manfaat Jeruk Nipis menghilangkan bau amis ikan

Tapi jangan khawatir Bunda, Rumah Nugget punya tips jitu untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Ini nih, disimak dengan baik ya.

  • Bersihkan ikan utuh hingga ke sela-sela. Potong kepala dan bersihkan kotoran di bawah kepala atau biasa disebut dengan ‘jeroan’ ikan. Tahukah Anda bagian hitam yang biasa ada di bagian atas ikan setelah kepalanya dipotong? Ya, bagian itu adalah penyebab utama ikan berbau amis. Jadi, bersihkan bagian hitam tersebut hingga bersih.
  • Campur air dengan garam dengan kadar garam 30 %. Cuci bersih ikan yang sudah dibersihkan di poin pertama tadi menggunakan cairan garam ini.
  • Sebelum diolah, keringkan dulu ikan dengan tisu dapur hingga kering. Maksudnya ialah supaya air yang berbau amis tadi tidak menempel pada ikan.
  • Cuci pisau dengan air garam tadi sebelum digunakan untuk memotong ikan.
  • Setelah dipotong-potong, taburi kedua sisi ikan dengan garam. Jangan langsung dibilas Ladies, diamkan dulu hingga 10 menit. Garam ini akan menyebabkan minyak ikan yang juga menjadi sumber amis keluar. Cuci ikan sekali lagi.
  • Selain dengan air garam, Anda juga bisa melumuri ikan dengan air jeruk nipis atau cuka cair. Setelah itu cuci bersih dan masak ikan sesuai selera Anda.
Rendam Ikan salmon di persan jeruk nipis atau cuka cair.
Rendam Ikan salmon di perasan jeruk nipis atau cuka cair.

Nah, mudah bukan? Selamat mencoba. Selain ikan bersih, mengonsumsi ikan juga akan menyehatkan tubuh Anda. Di rumah nugget aneka ikan diolah menjadi nugget ikan dan perkedel ikan yang lezat dan yummy.

 

“Jangan tambahkan penyedap rasa atau MSG atau bumbu instan, buatlah bumbu sendiri karena anda bisa kontrol sendiri dan tau pasti apa yang anda berikan untuk anak anda”

Hasilnya?

Senang rasanya melihat anak kami yang  juga dapat mengkonsumsi ikan salmon rebus tanpa kesulitan. Semoga tips ini bermanfaat bagi para bunda sekalian  sehingga anak-anak bisa mendapatkan asupan gizi yang bagus buat otak dan tubuh mereka. Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami.

Tinggalkan komentar